Search for collections on Perpustakaan Politeknik YKPN Repository

Kajian Efektivitas Layanan Tabungan Emas Menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Pada PT Pegadaian Cabang Basen Yogyakarta

MegaNingrum, MegaNingrum (2025) Kajian Efektivitas Layanan Tabungan Emas Menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) Pada PT Pegadaian Cabang Basen Yogyakarta. Diploma thesis, Politeknik YKPN Yogyakarta.

[thumbnail of D3_2022125757_LENGKAP.pdf] Text
D3_2022125757_LENGKAP.pdf

Download (882kB)
[thumbnail of D3_2022125757_BAGIAN AWAL.pdf] Text
D3_2022125757_BAGIAN AWAL.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of D3_2022125757_BAB 1.pdf] Text
D3_2022125757_BAB 1.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of D3_2022125757_BAB 2 .pdf] Text
D3_2022125757_BAB 2 .pdf

Download (173kB)
[thumbnail of D3_2022125757_BAB 3.pdf] Text
D3_2022125757_BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of D3_2022125757_BAB 4.pdf] Text
D3_2022125757_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[thumbnail of D3_2022125757_Referensi.pdf] Text
D3_2022125757_Referensi.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of D3_2022125757_LAMPIRAN.pdf] Text
D3_2022125757_LAMPIRAN.pdf

Download (469kB)

Abstract

Pegadaian Digital Service (PDS) merupakan layanan digital dari pegadaian dalam
bentuk aplikasi yang berbentuk web atau mobile. Aplikasi PDS memberikan
berbagai pelayanan digital, salah satunya layanan tabungan emas. Layanan
tabungan emas pegadaian adalah layanan penitipan emas yang memungkinkan
nasabah melakukan isnvestasi emas secara mudah, aman dan terpercaya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan tabungan emas melalui
aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) efektif memberikan kemudahan dan
manfaat penggunaan bagi nasabah PT Pegadaian Cabang Basen Yogyakarta.
Pengumpulan Data dilakukan menggunakan kuasioner yang dibagikan secara
langsung kepada pengguna aplikasi PDS yang disebarkan sebanyak 30 responden
untuk mengetahui presepsi nasabah terhadap layanan tabungan emas
menggunakan aplikasi PDS.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dengan
wawancara, observasi, dokumentasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul
kemudian dianalisis menggunakan tabel karakteristik dan frekuensi serta
persentase. Hasil penelitian menunjukan efektivitas layanan tabungan emas
melalui Pegadaian Digital Service (PDS) dalam melayani nasabah termasuk
dalam kategori Cukup efektif dengan persentase “Tidak Efektif” 6%, “Cukup
Efektif “ 67% dan “Efektif “ 30%.
Kata Kunci : Pegadaian Digital Service (PDS), Tabungan Emas, Efektivitas,
Persepsi Pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Meganingrum Meganingrum
Date Deposited: 28 Aug 2025 06:43
Last Modified: 28 Aug 2025 06:43
URI: https://eprints.poltekykpn.ac.id/id/eprint/313

Actions (login required)

View Item
View Item